Hotline : +62-21-4759234; +62-21-47881870; +62-21-22861770

PT. Amarta Multi Sinergy
Investment & Trade Consultant

Cara mendapatkan SKT MIGAS dengan MUDAH & CEPAT 

Pertanyaan ini yang sering kami terima sebagai Konsultan. Banyak perusahaan yang ingin terjun sebagai Perusahaan Jasa Penunjang Migas tapi belum mendaftarkan bidang & sub bidangnya ke Ditjen Migas, sementara dateline untuk mengikuti TENDER / Lelang sudah sangat dekat. Akhirnya banyak yang meminta jalan pintas. 

STOP !!!............ hati-hati tentang jalan pintas ini !

Diluar sana banyak sekali biro jasa / konsultan yang tidak berbadan hukum dan oknum yang menghalalkan segala cara ini. Indonesia sedang menggalakkan adanya pungli dan korupsi. Jangan sampai perusahaan anda yang ingin memperluas usaha malah kandas terkena masalah hukum dan black list badan usaha. Kami selaku konsultan berbadan hukum memiliki cara yang baik untuk anda dan semua yang terkait didalamnya. 


Sebelumnya, kita pelajari dahulu alasan tentang verifikasi kualifikasi perusahaan penunjang Migas dibawah ini !

Video "Industri Peralatan Migas


Kenapa Perusahaan Penunjang Migas Harus Terdaftar Resmi di Ditjen Teknik Lingkungan ?

Minyak dan Gas Bumi merupakan sumber daya alam strategis TIDAK TERBARUKAN yang dikuasi oleh Negara serta merupakan komoditas vital yang menguasai hajat hidup orang banyak dan mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional, sehingga pengelolaannya harus dapat secara maksimal memberikan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan usaha minyak dan gas bumi ini pun mempunyai peranan penting dalam memberikan nilai tambah secara nyata kepada pertumbuhan ekonomi nasional yang meningkat dan berkelanjutan.


Untuk hal tersebutlah, maka Pemerintah wajib memberikan landasan hukum bagi langkah-langkah pembaruan dan penataan atas penyelenggaraan pengusahaan minyak dan gas bumi, maka perlu membentuk Undang-Undang tentang Minyak dan Gas Bumi.


Landasan hukum  penataan atas penyelenggaraan pembinaan, pengawasan, pengaturan dan pelaksanaan dari kegiatan pengusahaan Minyak dan Gas Bumi di Indonesia, Pemerintah menetapkan UU no, 22 Tahun 2001, yang bertujuan untuk menciptakan kegiatan usaha Minyak dan Gas Bumi yang handal, transparan, berdaya saing, efisiensi dan berwawasan lingkungan, serta membantu perkembangan potensi dan peranan Nasional.


Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral c.q Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi mempunyai tugas dan fungsi pembinaan dan pengawasan dalam kegiatan usaha hulu dan hilir minyak dan gas bumi serta melakukan pengawasan atas pekerjaan dan pelaksanaan kegiatan minyak dan gas bumi termasuk meliputi pemberian perizinan, persetujuan, dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang melakukan usaha di bidang minyak dan gas bumi.


Kegiatan usaha penunjang Minyak dan Gas Bumi yang dijalankan oleh badan usaha di Indonesia, wajib memiliki SKT MIGAS yang dikeluarkan oleh Menteri ESDM pada Peraturan Menteri ESDM No. 27 Tanggal 22 Agustus Tahun 2008 tentang "Kegiatan Usaha Penunjang Minyak dan Gas Bumi" Bab III Pasal 7 ayat (2). 


Setiap lelang atau tender yang dikeluarkan oleh Pemerintah maupun swasta kepada perusahaan penunjang Migas, dipersyaratkan melampirkan SKT MIGAS dengan bidang dan sub bidang yang sesuai dan terdaftar resmi di Ditjen Teknik & Lingkungan MIGAS.


PERSIAPAN PENGAJUAN SKT MIGAS

SKT MIGAS yang dipersyaratkan kepada perusahaan penunjang Migas tentunya wajib terdaftar di Ditjen Migas sesuai dengan bidang & Sub Bidang yang dijalankan perusahaan atau yang dibutuhkan oleh panita TENDER / LELANG. 


Untuk mengajukan permohonan SKT MIGAS, perusahaan wajib melengkapi persyaratan dokumen sesuai bidang & sub bidang yang diajukan tersebut. 


Klasifikasi bidang dan sub bidang SKT MIGAS sesuai Peraturan Menteri ESDM no. 27 Tahun 2008, terbagi menjadi sebagai berikut :


1. Usaha Jasa Konstruksi Migas;

2. Usaha Jasa NON-Konstruksi Migas;

3. Usaha Industri Material;

4. Usaha Industri Peralatan


Pembagian klasifikasi tersebut akan memudahkan perusahaan dalam menentukan bidang & sub bidang yang sesuai dengan kegiatan perusahaan atau yang dibutuhkan dalam Tender/Lelang.




Bidang & Sub bidang yang didaftarkan harus sesuai dengan kompetensi usaha anda dan dapat dibuktikan dengan beberapa ketentuan sbb :

  1. Memiliki tenaga ahli dalam jumlah yang cukup dan bersertifikat sesuai bidang yang didaftarkan serta berpengalaman dibidangnya;
  2. Memiliki surat izin usaha yang dikeluarkan oleh instansi terkait sesuai bidang yang didaftarkan;
  3. Memiliki peralatan utama dan pendukung dalam menjalankan kegiatan usahanya;
  4. Memiliki penguasaan tekhnologi yang sesuai dengan bidang yang didaftarkan, bukti penguasaan dapat ditunjukkan melalui Standart Operasional Procedure      (SOP) kerja;
  5. Memiliki modal kerja yang cukup;
  6. Memiliki prosedur kerja yang sesuai dengan ISO 9001:2008;
  7. Memiliki Prosedur keselamatan & kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan hidup;
  8. Memiliki laporan pengembangan tenaga kerja perusahaan setiap triwulan;
  9. Masuk sebagai Keanggotaan KADIN dan memiliki Sertifikat Kompetensi di bidangnya yang di Akreditasi oleh KADIN (bagi perusahaan pemasok barang / j          jasa);
  10. Unjuk kerja performance perusahaan dengan melampirkan Surat Pengalaman Kerja pada proyek tertentu yang telah dikerjakan.


Setelah perusahaan menentukan bidang dan sub bidang yang sesuai, maka "Amarta Consulting" akan mengarahkan anda dalam melakukan persiapan permohonan SKT MIGAS mulai dari pengisian formulir permohonan, kelengkapan dokumen perusahaan, hingga membantu pemenuhan persyaratan izin usaha khusus yang belum dimiliki perusahaan namun harus dilampirkan sebagai persyaratan mutlak.

 


Jika perusahaan tidak dapat menyesuaikan bidang pekerjaannya dengan klasifikasi bidang dan sub bidang SKT MIGAS, kami siap membantu anda mengarahkan skup bidang pekerjaan anda dengan pertimbangan informasi pekerjaan dari anda, permintaan kualifikasi dari pemberi kerja dan pengalaman pengetahuan yang kami jalankan selama ini.

Sebagai konsultan yang berpengalaman dan profesional dalam hal ini, kami selalu memberikan arahan terbaik yang harus dilakukan perusahaan agar dapat menjalankan kegiatan usahanya tanpa harus terhambat dengan surat-surat izin yang belum dimiliki perusahaan, namun seluruh legalitas perusahaan dapat secara paralel kami bantu proses pemenuhannya, tentunya sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku saat ini. 



Kami pun siap membantu membenahi legalitas perusahaan anda dari mulai AKTA perusahaan hingga terjadi perubahan yang mengakibatkan berubahnya Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) perusahaan, domisili perusahaan, SIUP dan TDP sampai surat izin khusus bidang pekerjaan perusahaan, sehingga pembenahan legalitas dari kami tidak hanya dapat dijadikan sebagai persyaratan pengajuan SKT MIGAS namun siap anda pakai untuk pemenuhan persyaratan kualifikasi lainnya.


Masa berlaku SKT MIGAS adalah 3+3 tahun  sejak tanggal diterbitkan



Klik Pilihan Bidang Sub Bidang SKT MIGAS dibawah ini :